75f93abe-d68f-4cd1-98ec-812e8f3f9493_43

 

 

 

 

 

PT BESTPROFIT FUTURES – Toulouse – Wales lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2016 sebagai juara grup usai menaklukkan Rusia tiga gol tanpa balas di laga terakhir Grup B.

Gol-gol kemenangan Wales diciptakan oleh Aaron Ramsey dan Neil Taylor di babak pertama. Sementara Gareth Bale menambah gol lagi di babak kedua.

Wales tampil dominan sepanjang 90 menit dengan 51 persen ball possesion serta membuat 19 upaya percobaan dengan 12 tepat sasaran! Sementara Rusia hanya dua yang tepat sasaran dari 12 percobaan.

Tambahan tiga poin memastikan The Dragons lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup dengan 6 poin dari tiga laga, unggul satu angka dari Inggris yang finis runner-up setelah main imbang 0-0 dengan Slovakia.

Sementara Rusia finis posisi terbawah dengan hanya mengoleksi satu poin.

Jalannya Pertandingan

Baru 11 menit laga di Stadium Municipal, Toulouse, Selasa (21/6/2016) dinihari WIB, berjalan, Wales sudah menjebol jala Rusia yang dikawal Igor Akinfeev.

Joe Allen menggiring bola mendekati kotak penalti dan mengirim umpan terobosan kepada Ramsey yang berlari menuju bola. Begitu berhadapan dengan Akinfeev, Ramsey mencungkil bola melewati hadangan kiper lawan dan berbuah gol untuk Wales.

Gol tersebut makin menambah motivasi untuk Wales menambah gol dan hasilnya di menit ke-20, Taylor mencatatkan namanya di papan skor sekaligus membawa timnya memimpin 2-0.

Taylor mendapat bola daerah dari Gareth Bale dan berlari dari sisi kiri penyerangan Wales. Memasuki kotak penalti, Taylor melepaskan sepakan keras yang bisa ditepis Akinfeev, namun dengan cepat bola muntah kembali disambar bek kiri Wales itu untuk menjebol jala Rusia.

Bagi Taylor itu adalah gol pertamanya untuk Wales sekaligus menyudahi enam tahun puasa golnya di level klub maupun timnas.

Di menit ke-28, Bale mengirimkan umpan kepada Sam Vokes tapi tembakannya masih tepat di pelukan Akinfeev.

Lima menit sebelum bubaran, aksi solo run Bale mampu melewati hadangan tiga pemain lawan dan diakhiri dengan sepakan keras yang bisa ditepis Akinfeev.

Wales pun menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 dan sementara memuncaki klasemen Grup B dengan enam poin.

Masuk di babak kedua, Wales masih mendominasi permainan dan terus menekan pertahanan Rusia. Lima menit babak ini berjalan, Rusia nyaris saja kebobolan andaikan Sergei Ignashevich tak memotong bola crossing ke arah Vokes yang berdiri bebas di kotak penalti.

Di menit ke-55 Bale dari sudut sempit coba melepaskan tembakan tapi Akinfeev dengan cepat mampu menepisnya.

Gol ketiga Wales hadir di menit ke-67. Berawal dari bola sodoran Chris Gunter kepada Ramsey yang melihat posisi Bale onside dan langsung mengirim umpan terobosan, yang dituntaskan winger Real Madrid itu dengan bagian luar kaki kirinya.

Rusia baru mendapat peluang bersih di menit ke-86 ketika Artem Dzyuba mendapat umpan tarik rekannya. Tapi sepakannya dari jarak 6 yard malah melayang di atas mistar.

Hingga laga berakhir skor 3-0 tetap bertahan dan Wales lolos sebagai juara grup.

Susunan Pemain

Rusia: Akinfeev; Smolnikov, V.Berezutski (A. Berezutski 46′), Ignashevich, Kombarov; Kokorin, Mamaev, Glushakov, Smolov (Samedov 72′); Shirokov (Golovin 52′); Dzyuba.

Wales: Hennessey; Chester, Williams, Davies; Gunter, Allen (David Edwards 74′), Ledley (King 76′), Taylor; Ramsey, Vokes, Bale (Church 86′).

PT BESTPROFIT FUTURES

Sumber : detik