PT BESTPROFIT FUTURES – Sumber rahasia kerajaan Arab Saudi menyebutkan ada 17 pengusaha asal Amerika Serikat, Inggris,

dan Perancis turut ditahan dalam aksi pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh putra mahkota Saudi Mohammed Bin Salman.

Dilansir dari Daily Mail, Rabu (27/12/2017), 8 orang merupakan warga negara AS, enam orang WN Inggris, dan sisanya adalah WN Perancis. PT BESTPROFITMasing-masing dari warga negara asing itu berada di Saudi dengan izin kerja, menunjukkan mereka sebagai warga ekspatriat lama ketimbang kunjungan bisnis sesaat. BESTPROFIT

Seorang juru bicara kedutaan besar Saudi di Washington mengatakan jaksa penuntut menolak untuk membahas siapa yang telah ditangkap. BEST PROFIT

Dalam keadaan normal, warga negara asing yang ditahan memiliki hak untuk menghubungi kedutaan negara mereka untuk meminta bantuan.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri AS tidak dapat mengomentari kasus perseorangan karena pertimbangan privasi.

“Kemenlu AS wajib untuk membantu warga negara AS yang berada di luar negeri secara serius,” ucap juru bicara Kemenlu AS.

“Ketika kami diberi tahu tentang penangkapan warga AS, kami segera berupaya mengunjunginya.

Namun, karena pertimbangan privasi, kami tidak dapat berkomentar lebih lanjut,” tambahnya.

Kemenlu Inggris belum dihubungi oleh warga negaranya di Riyadh untuk mendapatkan bantuan. Sementara, Kemenlu Perancis menolak untuk berkomentar terkait hal tersebut.

Sebelumnya, Pangeran Mohammed memerintahkan penangkapan terhadap 11 pangeran, ratusan pengusaha,

dan pejabar pemerintah atas dugaan melakukan tindak korupsi pada 4 November 2017.

Pemerintah Saudi mengklaim para tahanan, termasuk pangeran, kini telah kehilangan jabatan mereka. Para terduga korupsi mengaku melakukan penyuapan sistemik terhadap sejumlah pejabat asing.

Salah satu yang ditangkap adalah Pangeran Al Waleed Bin Talal. Dia telah membantu banyak institusi keuangan dan perbankan selama bertahun-tahun,

terutama bank Citigroup asal Amerika Serikat, melalui perusahaan Kingdom Holding Company.

Dia mengaku akan berupaya melawan tuduhan korupsi yang menimpanya.

Dia juga telah menyewa pengacara untuk menyelesaikan kasusnya.

Banyak pangeran yang dilaporkan telah mencapai kesepakatan finansial untuk penyelesaian kasus sebagai imbalan untuk kebebasan mereka.

Sumber : Kompas