Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto menjatuhkan sanksi tambahan kepada pemilik RS Mitra Keluarga Kalideres, yakni PT Ragam Sehat Multifita. RS Mitra Keluarga Kalideres dianggap melakukan kesalahan administrasi dalam penanganan kesehatan Tiara Debora Simanjorang (4 bulan).

Sebelumnya, Dinkes DKI sudah menjatuhkan sanksi berupa teguran tertulis kepada pemilik RS Mitra Keluarga Kalideres karena kasus yang sama. PT Best Profit

Menanggapi hal itu, Humas Mitra Keluarga Group, Nendya Libriani mengaku menghormati keputusan Dinkes DKI yang menjatuhkan sanksi tersebut. Seluruh rekomendasi yang disampaikan Dinkes DKI akan diteruskan ke internal management RS Mitra Keluarga Kalideres agar segera ditindaklanjuti.

“Yang jelas kami akan mempelajari segala rekomendasi yang bapak Kepala Dinkes sampaikan, dan kami akan berkomitmen untuk menjalankan segala rekomendasi sesuai peraturan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku,” ucapnya saat memberikan keterangan pers di Kantor Dinas Kesehatan DKI, Jalan Kesehatan, Jakarta, Senin (25/9).

Kendati menerima sanksi yang dijatuhkan Dinkes DKI, Nendya menegaskan RS Mitra Keluarga Kalideres tidak melakukan pelanggaran dalam penanganan kesehatan Debora. Dia mengklaim, RS Mitra telah melakukan upaya pertolongan semaksimal mungkin terhadap Debora.
PT Bestprofit Futures
“Kami lakukan upaya pertolongan secara terus menerus, seoptimal mungkin di ruang restitusi, khususnya di IGD untuk menyelamatkan nyawa Debora selama 6 jam lebih,” kata dia.
bpf
Nendya menerangkan, saat dilarikan ke RS Mitra Keluarga Kalideres, kondisi Debora buruk. Itulah yang mengakibatkan dokter tidak memindahkan Debora ke ruang PICU.
Bestprofit Futures
“Memang kondisi pasien tidak terlalu baik, belum stabil untuk dapat kami pindahkan ke ruang PICU,” ujarnya.
Bestprofit
Terpisah, Koesmedi membenarkan bahwa RS Mitra Keluarga Kalideres sudah melakukan upaya PT Best Profit Futurespertolongan optimal terhadap Debora. Menurut Koesmedi, putri dari Henny Silalahi itu meninggal dunia akibat kondisinya yang memburuk. Bestpro

“Karena waktu itu kondisinya sudah berat. Sanksi dijatuhkan ke RS Mitra Keluarga Kalideres karena ada kesalahan administrasi,” kata dia. Best Profit Futures

Berbeda dari keterangan pihak RS Mitra Keluarga dan Dinkes DKI, orang tua Debora mengatakan, putrinya meninggal dunia akibat tidak dimasukkan ke ruang picu. Untuk bisa masuk ke ruang picu, keluarga Debora harus menyiapkan uang muka atau down payment (DP) sebesar Rp 19.800.000. PT BestprofitSementara saat itu, orang tua Debora tidak memiliki uang sesuai permintaan pihak Rumah Sakit Mitra Kalideres. Best Profit