xiaomi-mi5-dalam-genggaman_20160516_154634

 

 

 

 

PT BESTPROFIT FUTURES 

Pengujian terhadap kamera Xiaomi Mi5 menunjukkan kamera ponsel ini sedikit meleset dari harapan.
Kamera bisa memotret dengan baik bila saat cahaya berlimpah, tapi tidak sebaliknya.
Saat meluncurkan Mi5 di ajang Mobile World Congress 2016, Xiaomi menjagokannya sebagai saingan iPhone 6S dan 6S Plus. Salah satunya dalam hal kamera.
Perusahaan asal China itu juga tak segan-segan mengungkap kamera ponsel buatannya memakai sensor Sony IMX298 Exmor RS.
Sensor ini serupa dengan sensor yang dipakai oleh Huawei Mate 8 dan Oppo R9 Plus.
Selain itu, ada juga fitur andalan berupa 4-axis optical image stabilizer (OIS). Jumlah sumbu peredam goyanan tersebut lebih tinggi ketimbang rata-rata ponsel.
Axis tersebut berguna untuk membantu mengurangi getaran saat memotret. Rata-rata ponsel hanya memakai image stabilizer 2-axis saja.

Sebagaimana dilansir dari Slashgear, Senin (16/5/2016), sayangnya kinerja kamera tersebut tak sehebat yang diharapkan.
Pengujian DxOMark menunjukkan kamera Xiaomi Mi5 bisa menghasilkan foto yang bagus, meski tak sebaik kamera ponsel termutakhir yang jadi saingannya.
Kamera Mi5 dapat merekam banyak detil, exposure yang pas, autofocus bergerak cepat dan akurat, serta white balance yang akurat.
Sayangnya semua kelebihan tersebut cuma bisa diperoleh saat kondisi cahaya melimpah atau di luar ruangan.
Sedangkan di dalam ruangan atau kondisi minim cahaya, foto akan terlihat memiliki noise, kehilangan sedikit detil, dan kamera kesulitan fokus.
Masalah yang lebih buruk baru akan terasa jika memakai Mi5 untuk merekam video. Kamera memang bisa mendapakan exposure serta white balance yang baik saat merekam.
Sayangnya, exposure tidak stabil meskipun Xiaomi sudah memakai 4-axis OIS. Rekaman pun cenderung kurang detil dan mengalami noise meski kondisi cahaya melimpah.

Pengujian DxOMark tersebut menyimpulkan kamera Xiaomi Mi5 mendapatkan nilai 80 untuk soal pemotretan dan 76 untuk soal perekaman video. Skor totalnya sebesar 79.
Perangkat ini pun harus puas duduk di urutan tengah ranking kamera smartphone DXO Mark, bersama dengan sejumlah flagship lawas seperti Samsung Galaxy S5 dan Sony Xperia Z3.
Predikat smartphone berkamera terbaik menurut DXO Mark kini masih dipegang oleh Duo Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge serta HTC 10, menyusul di bawahnya iPhone 6S Plus besutan Apple.
Hasil uji selengkapnya dari kamera Xiaomi Mi5 bisa dilihat di tautan berikut. PT BESTPROFIT FUTURES