Sedikitnya lima masjid di kota Birmingham, Inggris mengalami penyerangan, pekan ini. Insiden ini sedang diselidiki oleh unit antiterorisme pada kepolisian setempat.

Seperti dilansir CNN dan BBC, Jumat (22/3/2019), Kepolisian West Midlands pertama kali mendapat laporan soal seorang pria memecahkan kaca jendela sebuah masjid di wilayah Birchfield Road, bagian utara Birmingham pada Kamis (21/3) dini hari, dini hari, sekitar 02.32 waktu setempat.
BPF
Serangan itu dilakukan dengan menggunakan palu godam atau palu berukuran besar. Saat polisi tiba di lokasi, serangan itu telah berakhir. Pelaku penyerangan telah kabur.

Dalam waktu kurang dari satu jam atau sekitar 45 menit kemudian, polisi menerima laporan serangan serupa di sebuah masjid lain yang terletak di Erdington, tak jauh dari masjid pertama. Polisi kemudian melakukan patroli di sekitar dua masjid. Dari kedua masjid tersebut, polisi mendapati sejumlah kerusakan.  BESTPRO

Laporan serangan-serangan serupa yang terjadi di masjid yang ada di wilayah Aston dan Perry Barr diterima polisi beberapa saat kemudian.
BEST PROFIT
Masih pada hari yang sama, sekitar pukul 10.03 waktu setempat, polisi dipanggil ke sebuah masjid lainnya di wilayah Albert Road. Laporan ini menjadi laporan serangan kelima diterima polisi di wilayah Birmingham. Lagi-lagi, serangan itu melibatkan perusakan kaca jendela masjid.
BESTPROFIT
Motif di balik serangan-serangan ini masih belum jelas. Penyelidikan masih terus dilakukan kepolisian setempat, dengan melibatkan Unit Antiterorisme.
BESTPROFIT FUTURES
Dalam pernyataannya, Kepolisian West Midlands mengumumkan bahwa mereka menyelidiki serangan-serangan ini sebagai aksi yang saling berkaitan satu sama lain. Belum ada satu pun tersangka yang ditangkap terkait serangan-serangan ini. PT BESTPROFIT

Petugas forensik setempat masih mengidentifikasi bukti-bukti dan petunjuk yang ada di lokasi serangan. Rekaman-rekaman CCTV di sekitar lokasi serangan juga tengah diperiksa.
PT BEST PROFIT FUTURES
“Serangan-serangan semacam ini tidak memiliki tempat di masyarakat kita dan tidak akan dibiarkan. Saya ingin meyakinkan orang-orang bahwa Kepolisian West Midlands tengah melakukan semua hal untuk membawa pelakunya ke pengadilan,” tegas Komisioner Kriminal dan Kepolisian West Midlands, David Jamieson.
PT BEST PROFIT
Menteri Dalam Negeri Inggris, Sajid Javid, menyebut serangan-serangan itu ‘sangat mengkhawatirkan dan menyedihkan’. “Biar saya perjelas — perilaku penuh kebencian jelas tidak memiliki tempat di masyarakat kita dan tidak akan pernah diterima,” tulis Javid via Twitter.
PT BESTPROFIT FUTURES
Serangan di Birmingham ini terjadi kurang dari sepekan setelah aksi teror mematikan terhadap dua masjid di Christchurch, New Zealand, pada Jumat (15/3) lalu. Pelaku teror yang anti-muslim, anti-imigran dan penganut ideologi supremasi kulit putih melepas tembakan secara brutal ke Masjid Al Noor dan Masjid Linwood hingga menewaskan 50 orang. BEST PROFIT FUTURES