PT BESTPROFIT Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menerima kedatangan dari perwakilan dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM). Pertemuan itu untuk menyepakati pembangunan Lapas baru di tanah milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berada di daerah Ciangir, Kabupaten Tangerang. PT BESTPROFIT FUTURES

Akan dibangun Lapas dikarenakan Lapas-lapas yang berada di wilayah Jakarta sudah kelebihan kapasitas atau over capacity. Nantinya Lapas ini direncanakan bertema Lapas Terbuka atau Open Camp. BESTPROFIT

“Karena lapas di sini kan sudah over kapasitas terutama Salemba. Salemba nanti akan di sana. Tapi itu dengan medium sekuriti, jadi bukan yang tinggi. Kita gunakan ‎di sana, Ciangir,” katanya di Balai Kota, Jumat (21/7). BEST PROFIT

Yang kedua lahan yang dimiliki oleh pemprov Jakarta itu merupakan lahan pemerintah, sepanjang itu dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, Djarot mengizinkan.

“Sistemnya saya sarankan pinjam pakai. ‎Seperti pondok bambu kan pinjam pakai. Bisa 10 tahun, bisa diperpanjang,” katanya.

Lebih lanjut, tema dari Open Camp ini nanti warga binaan akan diberikan beberapa kegiatan yang bermanfaat mulai dari bercocok tanam sampai beternak.

“Supaya mereka produktif, sehingga ada lahan pertanian, apapun di situ sehingga bisa produktif. Klo ditempatkan di Salemba dia tidak produktif, dan seperti itu tidak baik. Artinya bagaimana saudara-saudara ‎kita itu bisa produktif untuk menggarap lahan di situ,” katanya.

Rencana pembangunan ini akan dilakukan tahun ini, untuk luas lahan yang digunakan untuk lapas ini yakni sekitar 30 hektar dan dapat menampung 5.000 orang.

“Sementara ini kami fokus ke Salemba dan nanti kalau bisa dari Cipinang, Cipinang itu over capacity-nya sudah 3 kali lipat dari normal capacity. Normal kapasitas 3.000-an di sana ada 9 ribu lebih,” katanya.

Sementara itu Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Sri Puguh Budi Utami mengatakan saat ini Lapas Salemba sudah over kapasitas, yang diisi 5.000an yang sesungguhnya hanya untuk 2.000an.

“Dalam prinsip pemasyarakatan ada konsep asimilasi, nah yang di sana nanti napi yang selama ini tidak produktif kita tempatkan di sana setelah assesment dulu. begitu putus pengadilan, ditempatkan lapas yang maksimum security, dididik, asessment, di sana suruh kerja, enggak boleh nganggur, harus mereka berikan kontribusi pada negara. Jangan nganggur, anda harus ikut berkontribusi suksesnya pembangunan nasional,” ujar Puguh.