PT BESTPROFIT FUTURES – Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) kembali bergerak menguat di perdagangan hari ini, Selasa (18/7). Rupiah dibuka di level Rp 13.318 atau menguat tipis dibanding penutupan perdagangan sebelumnya di Rp 13.326 per USD.

BESTPROFIT Mengutip data Bloomberg, Rupiah bergerak menguat tipis usai pembukaan. Rupiah sempat menyentuh 13.307 per USD. Namun, Rupiah kembali melemah dan kini berada di Rp 13.317 per USD. BEST PROFIT

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Tirta Segara mengatakan nilai tukar Rupiah bergerak relatif stabil dan cenderung menguat. Hal ini didorong dengan berlanjutnya aliran masuk modal asing pada Mei 2017. PT BESTPROFIT

“Nilai tukar Rupiah, secara bulanan point to point (ptp), tercatat menguat sebesar 0,05 persen ke level Rp 13.323 per USD,” ujar Tirta di Gedung BI, Jakarta, Kamis (15/6).

Pergerakan Rupiah relatif stabil tercermin dari volatilitas yang rendah. Stabilitas nilai tukar Rupiah didukung oleh besarnya aliran masuk modal asing dan semakin dalamnya pasar keuangan Indonesia.

“Ke depan, aliran masuk modal asing baik dalam bentuk FDI maupun investasi portofolio diperkirakan akan berlanjut seiring dengan kebijakan reformasi struktural pemerintah dan keyakinan investor terhadap prospek perekonomian Indonesia,” jelasnya.