awas-suka-lihat-smartphone-sambil-tiduran-picu-kebutaan

 

 

 

PT BESTPROFIT FUTURES, Apakah Anda doyan bermain smartphone sambil tiduran? Jika iya, Anda sebaiknya menghentikan kebiasaan ini, sebab hal ini bisa berdampak buruk pada mata.Berdasarkan penelitian yang diunggah di New England Journal of Medicine, terjadi kasus kebutaan sementara monokular (satu mata) akibat melihat smartphone sambil tiduran.

Dalam kasus ini, disebutkan bila ada dua orang wanita berusia 22 dan 40 tahun yang mengeluhkan satu mata mereka tiba-tiba tidak bisa melihat selama beberapa bulan. Sekali gejala kebutaan ini muncul, bisa berlangsung sampai 15 menit sebelum penglihatan mereka kembali seperti semula.

Awalnya tim dokter mengira kebutaan sementara satu mata ini terjadi karena stroke ringan akibat penyumbatan pembuluh darah di otak. Namun, setelah semua tes kesehatan menyatakan dua wanita tadi tidak mengalami masalah kesehatan.

Semua terjawab setelah dokter dari Rumah Sakit Mata Moorfield di London, Gordon Plant, bertanya kapan gejala kebutaan sementara itu terjadi. Tak disangka keduanya sama-sama menjawab bila kebutaan itu muncul saat menggunakan smartphone sambil berbaring dengan satu mata melihat smartphone, sementara mata lain tertutup bantal.

Aktivitas seperti ini memaksa satu mata beradaptasi dengan layar terang smartphone, di saat mata lain berada dalam ‘kegelapan’ atau tertutup. Nah, tom dokter akhirnya mengkategorikan gejala tadi sebagai kebutaan sementara akibat smartphone.

Untungnya, tim dokter menyebut bila kebutaan ini tidak mengindikasikan adanya penyakit serius dan bisa dihindari dengan menatap smartphone dengan kedua mata. Tentu, akan lebih baik bila Anda tidak menggunakan smartphone terlalu sering saat tiduran. PT BESTPROFIT FUTURES