PT BESTPROFIT Tidak memakan waktu lama, PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya menerima Sertifikat Uji Tipe (SUT) PCX Hybrid. Berarti, motor rendah emisi perdana Honda tersebut sudah siap diproduksi dan dipasarkan di dalam negeri. Untuk wilayah Jakarta dan Tangerang, PCX Hybrid sudah ada yang pesan. BESTPROFIT

Hal tersebut diungkapkan oleh Head of Marketing PT Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku diler utama motor Honda di Jakarta dan Tangerang, Ario, saat berbincang bersama beberapa wartawan setelah berbuka puasa bersama di Jakarta, semalam. Baru pertama kali diperkenalkan pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 bulan lalu, PCX Hybrid sudah ada yang pesan. BESTPROFIT

“Perkembangannya sih cukup baik (PCX Hybrid) karena ini juga barang baru. Kita juga bawanya sesuai dengan pesanan. Jadi kita tidak mendorong barang langsung karena PCX Hybrid hanya dijual di diler Wing, tidak di semua diler motor Honda,” papar Ario di Jakarta, Kamis (24/5/2018) semalam.

“PCX Hybrid SPK-nya harus saya cek dahulu. Tapi sudah ada yang pesan setelah dipamerkan pada IIMS 2018 kemarin,” lanjutnya.

Untuk diler Wing sendiri, di wilayah Jakarta dan Tangerang hanya terdapat 21 outlet dan 20 satelit (cabang diler yang boleh menjual produk Wing atau motor-motor premium Honda). Maka, PCX Hybrid hanya mejeng dan bisa dibeli pada 41 outlet Honda di Jakarta dan Tangerang dari 115 outlet.

PCX Hybrid akan diproduksi satu dapur dengan versi bensinnya. Namun ada perbedaan yang cukup signifikan dari mereka berdua yaitu warna, tampilan, speedometer, dan juga mode berkendaranya.

“Tentunya di speedometernya ada indikator dan ada ride modenya seperti S, D. Engine-nya sama,” kata Marketing Director Astra Honda Motor Thomas Wijaya di Kemayoran, Jakarta beberapa waktu lalu.

Mode berkendara itu disematkan pada setang sebelah kiri. Mode ini akan berfungsi saat motor assist memberikan dukungan tenaga, di mana mode ini terbagi dengan tiga mode pilihan yang memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan kebutuhan pengendara.

Untuk mode dengan huruf D merupakan drive mode di mana pengendara dapat merasakan performa bertenaga namun hemat bahan bakar (merupakan mode standar saat motor dinyalakan).

Selain itu, mode berkendara dengan huruf S merupakan sport mode untuk pengendara yang ingin merasakan akselerasi lebih responsif dibanding mode D. Untuk mode idling, pengendara dapat menghentikan fungsi dari fitur Idling Stop System (performa tenaga sama seperti mode D).

Bicara soal keiritan, bisa dibilang PCX Hybrid tidak terlalu berbeda dibandingkan dengan model biasa. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan oleh Honda, PCX Hybrid lebih irit 2-3 persen saja.