Udara panas memang paling enak minum air dingin. Namun, rasa dingin menyegarkan ternyata punya efek kurang baik untuk kesehatan untuk jangka panjang.

Air dingin atau air es kerap dipilih ketika hawa terasa panas. Minuman dingin tersebut dirasa bisa memberikan kesegaran dan rasa lega ketika meminumnya. Tetapi jika diminum secara rutin, justru bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Dilansir dari Shared (04/07) ini 9 alasan mengapa Anda harus mengurangi minum air dingin.

1. Berat badan bertambah

Sebenarnya air dingin tidak membuat berat badan menjadi bertambah, karena air tidak mengandung kalori. Namun, minum air dingin bisa menyulitkan untuk menurunkan berat badan jika diminum secara rutin. Hal tersebut lantaran dinginnya suhu pada minuman bisa mempengaruhi suhu tubuh, sehingga sulit untuk mencerna makananan. Jika Anda sulit menurunkan berat badan, mungkin ini salah satu alasannya.

2. Membuat dehidrasi
BPF
Minum air dingin di musim panas memang menyegarkan, tetapi itu tidak akan cukup. Anda akan terus diterpa rasa haus yang berlebihan. Itu terjadi karena air dingin hanya menyusutkan pembuluh darah, sehingga terjadi dehidrasi yang nantinya akan menurumkan aliran darah dan oksigen. Hal ini dikatakan oleh Dr. Vasant D Lad, penulis buku The Complete Book of Ayurvedic Home Remedies.

3. Menguras energi
BEST PROFIT
Air dingin hanya bisa menyegarkan dahaga pada menit-menit pertama. Setelahnya Anda akan terasa lemas dan lelah. Itu karena energi ekstra yang Anda keluarkan sudah habis untuk menghangatkan air dingin yang masuk ke dalam tubuh dengan suhu yang tepat. Lebih baik Anda meminum air hangat, terutama saat selesai berolahraga. Hal tersebut bisa menghemat energi dalam tubuh.
BESTPRO
4. Menggangu pencernaan

Air dingin akan memperburuk pencernaan, karena air dingin berperan memadatkan makanan dan tidak membantu melebur lemak secara efisien. Sehingga akan berujung pada sembelit atau kembung. Untuk itu jangan sekali-sekali meminum air dingin setelah makan. Karena bisa saja berakibat pada sakit perut ataupun mual.

5. Detak jantung lebih rendah
BESTPROFIT
Dengan meminum air dingin, akan membuat saraf vagus yang berjalan di belakang leher Anda akan merasa kaget ketika terkena suhu dingin dari air es yang Anda minum. Hal tersebut akan memungkinkan detak jantung Anda berdetak secara lemah sampai suhu tubuh Anda kembali normal, barulah detak jantung bekerja seperti semula.
BEST PROFIT FUTURES
6. Tenggorokan teriritasi
BESTPROFIT FUTURES
Tenggorokan bisa teriritasi karena suhu dingin pada air es. Hal tersebut telah dibenarkan oleh sebuah penelitian yang menemukan bahwa air es atau air dingin dapat menghalangi sinus dan bisa membuat banyak lendir. Ketika lendir sudah bersarang banyak, akan membuat Anda merasa tidak nyaman.
PT BESTPROFIT
7. Memicu migrain

Air dingin yang Anda minum mengakibatkan sakit kepala atau migrain yang intens. Hal tersebut bisa saja terjadi, karena ketika meminum air dingim secara cepat, mulut tidak mampu menyerap lendir. Sehingga menyebabkan saraf terganggu dan berujung pada migrain.
PT BEST PROFIT FUTURES
8. Menyempitkan sel kulit

Air dingin bisa menyempitkanpori-pori kulit. Sementara air hangat membuka pori-pori kulit. Disarankan untuk memercikan air dingin ke area wajah. Dan meminum air dengan suhu yang hangat untuk membantu menyehatkan kulit secara menyeluruh. Air hangat sangat baik untuk kulit, karena air hangat meningkatkan sirkulasi darah, yang membuat kulit Anda terlihat cerah dan sehat.
PT BEST PROFIT
9. Merusak suhu tubuh

Meminum air dingin saat makan dengan kuah yang panas dan pedas bukanlah pilihan yang tepat. Karema hal tersebut hanya bisa merusak suhu tubuh. Bahkan pernyataan tersebut juga dipercaya oleh pengobatan tradisional China yang melarang minum dingin saat makan makanan panas, karena bisa membuat tunuh tidak seimbang PT BESTPROFIT FUTURES