655c6d28-e5c7-4b35-a9fc-6de2a4bd5046_43

 

 

 

 

 

PT BESTPROFIT FUTURES, Jakarta -Untuk ke-23 kalinya, PT Astra Honda Motor (AHM) menguji keterampilan teknik bagi mekanik dan service advisor Honda.

The 23rd Honda Indonesia Technical Skill Contest digelar untuk memotivasi dan mengukur kompetensi para mekanik serta service advisor Honda di jaringan bisnis Honda di Tanah Air. Tahun ini, AHM membuka tiga kategori kontes yang terdiri dari mekanik regular, service advisor dan mekanik Pre Delivery Inspection (PDI).

“Kami berupaya menghadirkan pelayanan terbaik bagi konsumen loyal pengguna sepeda motor Honda. Pada tahun ini kami menambahkan kategori baru untuk segmen mekanik menjadi dua, yaitu mekanik regular dan mekanik PDI. Kami berharap melalui uji kompetensi ini kemampuan mekanik dan service advisor Honda akan semakin baik secara teknis maupun non teknis, sehingga dapat memaksimalkan layanan dalam mewujudkan kepuasan konsumen,” ujar General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso dalam siaran pers, Selasa (28/6/2016).

Proses seleksi dilakukan secara bertahap mulai dari tingkat Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), regional main dealer Honda, dan final kontes yang akan dihelat secara nasional. Seleksi tahap pertama di masing-masing AHASS telah berlangsung sejak Desember 2015 hingga Mei 2016.

Saat ini, seleksi tengah memasuki tahap kedua di tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh seluruh main dealer Honda hingga Juli mendatang. Puncaknya akan dipilih 27 mekanik AHASS, 27 mekanik PDI, dan 27 service advisor terbaik yang bersaing untuk meraih juara nasional pada final kontes yang akan digelar pada 24-26 Agustus 2016.

Pada tahap AHASS peserta akan diuji melalui tes tertulis dan praktek. Sebanyak 18.491 mekanik serta 3.754 service advisor Honda berpartisipasi dari berbagai daerah di Indonesia untuk menyelesaikan materi terkait pengetahuan mesin, rangka, kelistrikan, system PGM-FI, tools, dan teknologi Honda.

Pada kategori mekanik regular dan PDI Honda, keseluruhan materi dites melalui teknik perawatan, perbaikan dan pemeriksaan sepeda motor. Adapun bagi service advisor Honda, dilakukan uji praktek terkait pemeriksaan sepeda motor, product knowledge, dan customer handling.

Setelah mengikuti seleksi tahap AHASS, selanjutnya 3.752 mekanik regular, 512 service advisor, dan 352 mekanik PDI terbaik akan kembali diuji pada tahap regional main dealer dengan materi yang lebih mendalam mengenai analisa teknis, penggunaan alat bengkel, dan trouble shooting. Sementara itu, bagi mekanik PDI ujian praktek akan berkisar tentang bagaimana mempersiapkan unit sepeda motor sebelum akhirnya diterima dengan baik oleh konsumen, kemampuan mendiagnosa, dan penanganan claim dealer terhadap keluhan pelanggan.

Adapun bagi service advisor, penilaian dilakukan dalam bentuk role play atau berupa studi kasus terkait pelayanan terhadap konsumen dan kemampuan dalam menjual produk sepeda motor Honda.

Pemenang kontes ini akan memperebutkan hadiah utama sebuah sepeda motor Honda dan sejumlah uang tunai. Selain itu, mereka juga berkesempatan mewakili Indonesia dalam kompetisi “Asia-Oceania Technical Contest” yang akan diadakan di Vietnam pada akhir tahun ini. PT BESTPROFIT FUTURES

Sumber : detik