d2b0f3fc-9f50-4b6e-a096-970dc27158fb_169

 

 

 

 

PT BESTPROFIT FUTURES, Silverstone – Lewis Hamilton keluar sebagai pemenang GP Inggris. Ini jadi kemenangan ketiga secara beruntun untuk Hamilton di Sirkuit Silverstone.

Balapan di Sirkuit Silverstone, Minggu (10/7/2016) malam WIB dimulai di belakang safety car karena lintasan basah usai diguyur hujan. Sepanjang balapan, Hamilton relatif dominan dengan mempertahankan posisinya di urutan pertama.

Sementara itu, Nico Rosberg dan Max Verstappen terlibat pertarungan sengit dalam memperebutkan posisi kedua. Pada akhirnya, podium kedua direbut oleh Rosberg dan Verstappen harus puas finis di urutan ketiga.

Bagi Hamilton, ini adalah kemenangan ketiga secara beruntun yang dia catat di GP Inggris. Secara keseluruhan, Hamilton sudah empat kali juara di balapan di kandangnya sendiri itu.

Sementara itu, Rio Haryanto tak mampu menuntaskan balapan. Rio out di lap 27. Rekan setim Rio, Pascal Wehrlein, juga retired setelah tergelincir di lap ketujuh.

Dengan kemenangan di GP Inggris, Hamilton memangkas selisih poin dengan Rosberg di klasemen pebalap. Hamilton kini mengumpulkan 167 poin, cuma terpaut empat angka dari Rosberg yang masih memimpin klasemen.

Jalannya Balapan

Balapan GP Inggris dimulai di belakang safety car. Itu karena lintasan masih basah setelah diguyur hujan.

Balapan baru berjalan normal di lap keenam setelah safety car keluar. Lewis Hamilton yang meraih pole langsung tancap gas untuk menjauh dari Nico Rosberg.

Sementara itu, 10 pebalap lainnya langsung masuk pit untuk mengganti ke ban intermediate. Banyaknya mobil yang masuk pit membuat situasi di pit lane sempat agak kacau.

Di lap ketujuh, pebalap Manor, Pascal Wehrlein, out setelah meluncur ke gravel di tikungan pertama dan balapan berlangsung di bawah virtual safety car. Situasi itu dimanfaatkan oleh Hamilton, Rosberg, dan Verstappen untuk masuk ke pit dan mengganti ke ban intermediate.

Banyaknya pebalap yang masuk pit di awal balapan jadi keuntungan untuk Sergio Perez. Pebalap Force India itu mampu menyodok hingga urutan keempat di depan Daniel Ricciardo.

Di lap ke-10, Rio Haryanto sempat melintir di lintasan. Tapi pebalap Indonesia itu masih mampu melanjutkan balapan. Di lap ke-11, giliran Valtteri Bottas yang melintir dan membuatnya melorot ke urutan 13.

Hamilton terus mempertahankan posisinya di urutan terdepan. Sementara itu, Rosberg yang ada di posisi kedua terus mendapat tekanan dari Verstappen. Rosberg akhirnya disalip Verstappen di lap 17.

Hamilton masuk ke pit di lap 17 dan Verstappen memimpin balapan. Rosberg juga masuk pit untuk berganti ke ban medium.

Sementara itu, Sebastian Vettel sempat mencatat lap tercepat di lap 18. Tapi tak lama kemudian, pebalap Ferrari itu justru melintir dan turun ke posisi 12.

Verstappen masuk pit di lap ke-19. Keluar dari pit, Verstappen berada di belakang Hamilton namun mampu mempertahankan posisinya di urutan kedua di depan Rosberg.

Balapan Rio harus berakhir di lap 27. Dia melintir di tikungan pertama dan meluncur ke gravel. Mobil Rio baru berhenti setelah membentur pembatas.

Di lap 28, giliran Hamilton yang melebar di tikungan pertama. Tapi Hamilton mampu mengendalikan mobilnya dan kembali ke lintasan.

Situasi tersebut gagal dimanfaatkan oleh Verstappen. Sama seperti Hamilton, Verstappen juga tergelincir dan melebar di tikungan yang sama.

Rosberg terus menekan Verstappen dalam perebutan posisi kedua. Di lap 32, kedua pebalap cuma terpaut 0,7 detik. Tekanan yang terus dilancarkan Rosberg akhirnya membuahkan hasil di lap 38. Rosberg melewati Verstappen untuk merebut posisi kedua. Sebelum disalip Rosberg, Verstappen sempat mengeluhkan ban belakangnya lewat radio.

Di lap 38 pula, Sebastian Vettel menyalip Felipe Massa untuk posisi kesembilan. Tapi saat menyalip, Vettel membuat Massa melebar. Insiden tersebut membuat Vettel mendapat penalti lima detik.

Hamilton masih memimpin balapan. Sementara itu, Rosberg terus berupaya untuk mendekat. Mencatatkan waktu terbaik di lap 46, Rosberg memangkas selisih waktu dengan Hamilton menjadi 6,1 detik dan mulai menjauh dari Verstappen.

Namun Rosberg kemudian justru mengalami masalah girboks di lap 47. Rosberg mulai kehilangan kecepatan dan Verstappen mulai mendekat.

Saat balapan tuntas di lap 52, Hamilton jadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis. Sementara itu, Rosberg yang finis kedua diinvestigasi karena menerima instruksi lewat radio. Posisi ketiga menjadi milik Verstappen.

Hasil GP Inggris

56b7588c-974c-4cfe-8a0e-fc9f3bea0c86_169

 

 

 

 

Sumber : detik