5f4f228c-fa45-4b8b-8eb4-f95263dc0fa3_43

 

 

 

 

 

 

PT BESTPROFIT FUTURES – Stuttgart -Mercedes-Benz telah meluncurkan bus masa depan dengan teknologi CityPilot. Bus ini mengadopsi sistem otonom yang bisa berjalan secara otomatis.

Seperti dilansir Autoguide, Rabu (20/7/2016), bus ini disebut Future Bus. Bus ini diklaim mampu berjalan secara otonom di lingkungan perkotaan.

Menurut Mercedes-Benz, teknologi CityPilot didasarkan dari truk Actros dengan fitur Highway Pilot yang diperkenalkan pertama kali dua tahun lalu. Sejak saat itu, teknologi ini mengalami pengembangan lebih lanjut sehingga dapat digunakan pada bus kota dengan berbagai fungsi tambahan.

Future Bus ini diklaim bisa mengenali lampu lalu lintas, berkomunikasi dan melalui persimpangan dengan aman secara otomatis. Selain itu sistem CityPilot mampu mengenali hambatan termasuk pejalan kaki, bisa mengerem secara otomatis, mendekati halte bus secara otomatis dan berjalan melewati terowongan.

Ada beberapa kamera yang tertanam pada Future Bus ini yang bertugas untuk memindai kondisi jalan dan sekitarnya. Selain kamera, bus ini juga dilengkapi dengan sistem radar jarak pendek dan jarak jauh untuk terus memantau rute.

Dikombinasikan dengan GPS, bus ini bisa melewati rute sepanjang 20 km dengan beberapa tikungan tajam, terowongan dan beberapa halte.

Future Bus juga bisa menjangkau kecepatan hingga 70 km/jam. Sopir bus tidak perlu lagi mengoperasikan pedal gas atau rem. Sopir bus hanya diperlukan mengambil alih kemudi sesuai peraturan lalu lintas ketika menemui kepadatan lalu lintas. PT BESTPROFIT FUTURES

Sumber : detik