Nutrisi memang memainkan peranan penting untuk menjadikan si Kecil sebagai generasi unggul Indonesia. Namun di samping nutrisi, ada dua hal penting lainnya yang turut berperan menjadikan si Kecil sebagai anak unggul Indonesia.

Pertama adalah stimulasi sesuai usia. Pakar tumbuh kembang anak, Prof. Dr. dr. Soedjatmiko SpA (K), MSi, mengungkapkan stimulasi merupakan kebutuhan dasar si Kecil untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

“Terutama di 1.000 hari pertama kehidupannya karena ini adalah periode emas di mana perkembangan otak dan pertumbuhan fisik berlangsung sangat cepat. Eksplorasi merupakan salah satu bentuk stimulasi untuk mendukung tumbuh kembang anak,” katanya.

Kedua adalah cinta orang tua. Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Kesejahteraan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Drs. Hendra Jamal, M.Si, menjelaskan pola pengasuhan yang diterapkan orang tua tentu akan berdampak pada pembentukan karakter si Kecil.

“Diharapkan keterlibatan orang tua dalam memenuhi kebutuhan gizi, memberikan bimbingan, serta menanamkan nilai positif kepada si Kecil akan membantu terbentuknya generasi Indonesia yang dapat berkontribusi bagi kelangsungan bangsa dan negara di masa depan,” ungkapnya.

Sementara itu, psikolog Ratih Ibrahim, S.Psi., MM. menjelaskan menunjukkan rasa cinta dari orang tua kepada si Kecil bisa dilakukan dengan ikut terlibat dalam proses eksplorasi dengan lebih banyak mengatakan ‘Iya Boleh’ kepada si Kecil.

“Jika para orang tua mendorong si Kecil untuk bereksplorasi secara tepat dan sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya, tentu ini akan membantu si Kecil untuk mengembangkan lima potensi karakter penting, yaitu berani, cerdas, kreatif, peduli, dan pemimpin,” katanya.

Berikut penjelasan lima karakter penting yang perlu dikembangkan orang tua kepada si Kecil sejak usia dini.

Berani
Eksplorasi merupakan salah satu cara untuk si Kecil berinteraksi dengan lingkungan, sehingga keberanian dan rasa percaya dirinya dapat berkembang dengan baik. Rasa percaya diri yang sehat merupakan salah satu dasar dalam mengembangkan berbagai potensi lainnya, seperti problem-solving, decision-making, dan keterampilan sosial

Cerdas
Melalui eksplorasi yang tepat, sesuai dengan tahap perkembangannya, aspek kognitif si Kecil dapat terstimulasi melalui berbagai kegiatan dalam proses eksplorasinya.
BPF
Kreatif
Ketika terpapar pada berbagai stimulus dan situasi melalui kegiatan eksplorasi, imajinasi dan kreativitas si Kecil dapat berkembang dengan baik.

Peduli
Melalui aktivitas bersama teman lain atau orang dewasa, si Kecil belajar berinteraksi, berbagi, mengenal dan memahami perasaan orang lain, menunggu giliran, serta meningkatkan toleransinya.
BESTPRO
Pemimpin
Untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, penting untuk si Kecil memiliki sikap disiplin dan kemandirian yang baik. Eksplorasi mengasah kemampuan si Kecil untuk mengambil kontrol akan berbagai hal di sekitarnya.
BESTPROFIT
Saat mengembangkan lima karakter penting tersebut, tak jarang orang tua menemukan tantangan. Salah satunya adalah penyakit yang bisa menganggu si kecil sehingga eksplorasinya tidak maksimal.
BESTPROFIT FUTURES
Pakar nutrisi Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc., memaparkan 41.9% anak Indonesia masih sering terkena infeksi saluran pernafasan dan 21.2% anak masih sering terkena diare.
BEST PROFIT FUTURES
“Di samping itu, anak yang lebih sering bermain di luar rumah memiliki risiko terkena penyakit 2 sampai 3 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang hanya beraktivitas di rumah,” jelasnya.
BEST PROFIT
Jangan khawatir berlebih, eksplorasi anak tetap bisa berjalan lancar jika diberikan perlindungan yang tepat dari asupan gizinya. Seperti dari bakteri baik lactobacillus rhamnosus yang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan risiko infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran cerna, dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh.
PT BESTPROFIT
Berikan si kecil DANCOW Advanced Excelnutri+ yang dilengkapi dengan lactobacillus rhamnosus dan serat pangan inulin yang dibutuhkan si Kecil pada masa eksplorasinya.
PT BEST PROFIT FUTURES
Brand Manager DANCOW Advanced Excelnutri+, Alvin Wiradarma, mengatakan DANCOW juga memberikan panduan stimulasi sesuai usia si Kecil melalui wadah DANCOW Parenting Center yang diawasi oleh para ahli.
PT BEST PROFIT
Bahkan DANCOW Advanced Excelnutri+ turut mendukung upaya pemerintah membangun Generasi Emas 2045, yaitu anak unggul Indonesia yang sehat, cerdas, dan percaya diri dengan meluncurkan gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’.
PT BESTPROFIT FUTURES
“Tahun ini kami menginisiasi gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’ untuk mengajak lebih banyak orang tua di seluruh Indonesia untuk percaya diri berkata ‘Iya Boleh’ demi mendukung tumbuh kembang optimal si Kecil dan menjadikan mereka Anak Unggul Indonesia,” katanya.