54918208-7e3c-495e-abe5-21f42e1f7ddb_169

 

 

 

 

PT BESTPROFIT FUTURES, Jakarta -Uji coba kereta ekonomi dengan fasilitas baru yang lebih modern telah dimulai sejak 3-17 Juli 2016. Terdapat beberapa perbedaan yang cukup berarti, antara kereta ekonomi rasa eksekutif ini dengan kereta kelas bisnis yang telah lama beroperasi.

Dibandingkan dengan kereta kelas bisnis, kereta ekonomi yang baru ini memiliki desain interior dan pendingin ruangan yang cukup modern. Di dalam gerbong, kereta ekonomi yang baru ini juga dilengkapi dengan kamera pengawas, televisi, hingga fasilitas toilet yang lebih modern. Kereta ekonomi yang baru ini memiliki fasilitas yang serupa dengan kelas bisnis dengan harga yang cukup kompetitif.

“Kalau fasilitas dia kan kursinya bisa bolak balik kalau bisnis, kalau ini kan nggak, itu aja bedanya. Cuma kalau AC dan interior bagus yang sekarang yang ekonomi. Fasilitasnya aja ada CCTV, televisi, toilet jongkok dan sebelahnya toilet duduk,” terang VP Corporate Communication PT Kereta Api Indonesia, Agus Komarudin, Selasa (5/7/2016).

Kemudian, jumlah penumpang yang dapat diangkut menggunakan kereta ekonomi yang baru ini lebih banyak dibandingkan dengan kereta bisnis. Kereta ekonomi dengan rasa eksekutif mampu menampung 800 penumpang, sedangkan kelas bisnis pada umumnya hanya mampu mengangkut 640 penumpang.

“Sebenarnya jumlah penumpang masih banyakan ini ya 80, kalau bisnis itu 64 kan per gerbong. Sekali keberangkatan 800 kereta ini 10 gerbong jadi 800, kalau bisnis 640,” tutur Agus.

Dia menambahkan, kereta ekonomi rasa eksekutif dengan rute Kutoarjo-Pasar Senen PP menawarkan kenyamanan yang lebih kepada penumpang dibandingkan kereta pada kelas lainnya.

“Sebenarnya ini kan baru ya, secara fisik dan tampilan sebagainya lebih nyaman ini sih,” tutup Agus. PT BESTPROFIT FUTURES

Sumber : detik