PT BESTPROFIT FUTURES – Saat kita ingin menjual mobil kita di koran atau media online sebuah foto bisa mewakili 1.000 kata soal mobil kita. Tapi tidak sembarang mengambil foto. Pastinya kita ingin mendapatkan foto terbaik yang memang benar-benar mewakili kondisi mobil supaya menarik perhatian calon pembeli.

Ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk mengambil foto mobil yang akan dijual seperti dilansir Car Proof, Jumat (20/1/2017).

Pertama pastikan mobil sudah dalam bentuk yang baik sebelum difoto. Bersihkan bagian eksterior, interior, hilangkan semua stiker yang menempel pada kaca.

Kedua, faktor cahaya sangatlah penting. Waktu paling pas untuk memfoto mobil adalah di pagi hari atau sore hari. Pada waktu-waktu tersebut matahari dalam posisi rendah sehingga membuat cahaya yang tidak terlalu terang dan bebas dari bayangan. Saat cuaca mendung juga bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto.

Ketiga adalah lokasi. Cari lokasi yang memiliki latar belakang foto yang bagus bserta pencahayaannya. Kita pastinya tidak ingin foto dengan latar belakang rumah tetangga atau ada mobil lain yang melintas saat kita mengambil foto. Mobil yang ingin kita jual harus menjadi fokus utama.

Keempat, aturan pada kamera juga tak kalah penting. Kamera digital masa kini telah memiliki setingan yang memungkinkan untuk memilih kualitas foto. Paling baik kita memilih yang kualitas terbaik beserta dengan resolusi besarnya sehingga detil pada kamera terlihat sangat jelas dan juga memungkinkan untuk memotong foto jika dibutuhkan nantinya.
PT BESTPROFIT FUTURES
Kelima, jika kita tidak memiliki pilihan harus mengambil foto di tempat yang banyak cahaya, matahari sangat terik, maka posisikan mobil di tempat yang minim bayangan yang diakibatkan oleh cahaya matahari. Ambil foto di bagian terang pada mobil jangan dibagian yang terhalang bayangan.

Flash pada kamera juga bisa digunakan untuk menambah cahaya di sudut-sudut yang gelap. Gunakan setingan yang sama pula saat ingin mengambil foto di bagian interior. Jangan parkir mobil di bawah pohon dan menghalangi cahaya matahari karena nantinya ada refleksi dari cabang-cabang pohon di mobil.

Keenam, posisi kita saat mengambil foto. Jangan membuat kesalahan saat mengambil foto dari jarak yang terlalu dekat dengan mobil. Ini bisa mendistorsi sesuatu sehingga mobil terlihat lebih besar dari yang seharusnya. Sebaiknya kita berada di tempat yang pas dan bisa menggunakan zoom untuk mengambil detil foto mobil. Bisa juga dengan berlutut sehingga foto yang diambil setara dengan mata melihat. Trik tersebut dapat menarik calon pembeli karena foto yang lebih akurat.

Ketujuh ambil banyak foto. Jika menggunakan kamera digital pastikan memory card yang cukup besar sehingga bisa menyetok banyak foto. Terkadang hasil di kamera dan saat dipindahkan ke komputer pun hasilnya berbeda. Dengan mengambil banyak foto kita memiliki banyak pilihan foto terbaik.

Kedelapan, berikan calon pembeli berbagai macam foto dari berbagai sudur. Terkadang foto hanya di ambil dari sisi depan baik dari sebelah kanan atau kiri yang memberikan hasil baik di bagian depan dan samping mobil. Foto terbaik lain juga harus ditampilkan saat ingin menjual mobil mulai dari bagian depan, samping, belakang, interior depan, odometer, bagian belakang.
PT BESTPROFIT FUTURES
Kesembilan, jangan edit foto. Berikan foto yang benar-benar asli yang betul-betul menggambarkan mobil tersebut. Jika kita mengeditnya saat si calon pembeli berminat dan melihat langsung mobil pastinya mereka akan mempertanyakan.

Kesepuluh, siapkan email. Jika kita hanya diperbolehkan memposting satu atau dua foto saja, berikan si calon pembeli email pribadi anda untuk memberikan foto-foto lain dengan ukuran yang sudah dikecilkan sehingga tidak memenuhi kotak pesan si calon pembeli.